PASCA BIMTEK, WHAT NEXT? (1)

Pasca Bimtek, What Next? (1)

Oleh : Evi Effrisanti*

Setelah TIM selesai mengikuti bimtek EDM/e-RKAM, apa yang harus segera dilakukan?

Pertama, segera bentuk TPM, dengan struktur organisasi terdiri atas Penanggungjawab (Kepala), Ketua (salah satu Wakil Kepala), Sekretaris, Koordinator untuk masing-masing aspek EDM, dan anggota-anggota. Sesuai dengan prinsip transparansi dan partisipatif dalam pengelolaan madrasah yang berbasis kinerja, jangan lupa libatkan unsur siswa dan masyarakat dalam keanggotaan TPM.

Kedua, berikan sosialisasi dan bimtek tentang EDM/e-RKAM pada TPM. Siapa yang mem-bimtek? Yang membimtek adalah ketiga anggota Tim Inti Madrasah (TIM) yang telah selesai mengikuti bimtek TIM. Dapat pula melibatkan TIK/TIP/TIN, sesuai kebijakan dan kemampuan madrasah. Apa yang disosialisasikan? Minimal sosialisasikan tentang Konsep EDM ; Keterkaitan antara SNP - EDM - RKAM ; dan aplikasi EDM/e-RKAM.

Ketiga, setelah TPM selesai mengikuti sosialisasi dan telah memahami konsep EDM, hendaknya TPM segera bergerak untuk mengumpulkan data dan bukti-bukti fisik sesuai tuntutan/permintaan instrumen EDM. Tabel di bawah ini menunjukkan aksi-aksi yang harus dilakukan TPM, data-data apa saja yang dirujuk ketika menilai tingkat capaian dan bukti fisik apa yang harus dipersiapkan untuk diupload dalam aplikasi.

Tabel Daftar Aksi TPM sesuai Instrumen EDM

ASPEK INDIKATOR   PENCAPAIAN DATA DAN BUKTI   FISIK AKSI FILE UNTUK   DIUPLOAD
KEDISIPLINAN A.1 Apakah   semua guru hadir di madrasah sesuai kalender pendidikan berdasarkan kurikulum   nasional? Daftar   absensi kehadiran guru (1)   Hitung prosentase kehadiran guru di madrasah sesuai kalender pendidikan ; (2) telaah surat izin guru Rekap   presensi guru 2 semester terakhir
Surat keterangan penyebab guru tidak hadir
Bukti dari madrasah bahwa terdapat pengganti   guru yang berhalangan hadir sehingga proses pembelajaran tidak terganggu
A.2 Apakah   semua guru mengajar di kelas sesuai jadwal mata pelajaran yang   ditetapkan? Daftar   absensi kelas yang ditandatangani oleh guru dan perwakilan siswa. Daftar ini   dilengkapi dengan penjelasan pokok materi yang diberikan. Daftar guru diambil   dari data EMIS sedangkan persentase guru mengajar dientri oleh TIM (1)   Hitung prosentase guru mengajar di kelas sesuai jadwal dan waktu yang   ditetapkan oleh madrasah ; (2) telaah surat izin guru ; (3) telaah kualitas   PBM di kelas yang ditinggalkan guru izin Rekap kehadiran guru di kelas dalam 2   semester terakhir
Rekapitulasi daftar kehadiran guru di   kelas
A.3 Apakah   kepala madrasah melakukan supervisi secara rutin proses pembelajaran terhadap   seluruh guru? Buku   hasil supervisi Kamad terhadap guru, resume/notulen rapat penyampaian hasil   supervisI dan hasil tindak lanjut Hitung   prosentase guru di mana Kamad pernah melaksanakan supervisi dan   menindaklanjuti hasil supervisi kepada guru tsb (1)   scan hasil supervisi kamad pada beberapa guru ; (2) scan resume/ notulen   hasil rapat konsultasi/ pembinaan tindak lanjut hasil supervisi
Wawancara TIM dengan para guru
A.4 Apakah   semua siswa hadir di madrasah mengikuti pelajaran sesuai jadwal yang   ditetapkan? Buku   absensi/kehadiran siswa (1)   Hitung prosentase siswa hadir di madrasah sesuai kalender pendidikan ; (2)   telaah surat izin siswa Rekapitulasi   daftar presensi siswa 2 semester terakhir
Jurnal harian guru piket
Surat keterangan ijin siswa yang tidak hadir ke   madrasah atau di kelas
Rekapitulasi daftar absensi siswa
A.5 Apakah   siswa aktif membaca/meminjam buku yang tersedia dalam perpustakaan? Buku   kunjungan perpustakaan Hitung   prosentase siswa membaca/ meminjam buku yang tersedia di perpustakaan Rekapitulasi   daftar siswa yang membaca/ meminjam buku di perpus takaan 2 semester terakhir
Buku peminjaman buku perpustakaan
Rekapitulasi daftar siswa yang membaca/meminjam   buku di perpustakaan
A.6 Apakah   Madrasah melaksanakan penilaian kinerja pendidik dan tendik? Daftar   penugasan guru dan tendik dan latar   belakang pendidikannya lakukan   telaah terhadap proses dan hasil PKG untuk menentukan tingkat capaian pada   indikator ini Daftar   penugasan guru
Daftar beban kerja guru dan tendik
Daftar keaktifan guru
Daftar pencapaian prestasi guru
A.7 Apakah   Madrasah rutin melakukan pertemuan guru dan tendik untuk melakukan evaluasi   diri terhadap kinerja madrasah dalam rangka pemenuhan 8 SNP? Daftar   hadir rapat guru dan tendik Hitung   jumlah pertemuan rutin guru dan tendik per semester dalam 2 semester terakhir Scan   Resume/notulen hasil pertemuan/ rapat (beberapa rapat, tidak perlu semua)
Resume/notulen hasil pertemuan rapat dengan   guru dan tendik
PENGEMBANGAN DIRI B.1 Apakah Kamad aktif mengikuti pelatihan atau kegiatan pengembangan diri dalam rangka meningkatkan kapasitas Kamad? Daftar undangan pelatihan/workshop/pertemuan Hitung jumlah pelatihan/ workshop/ pertemuan dalam rangka peningkatan kompetensi Kamad yang diikuti dalam 2 semester terakhir Scan beberapa sertifikat workshop/pelatihan yang diikuti kamad
Sertifikat keikutsertaan
B.2 Apakah semua guru aktif mengikuti KKG/MGMP? Daftar absensi kehadiran guru di KKG/MGMP Hitung prosentase guru yang secara aktif mengikuti kegiatan KKG/MGMP/sejenisnya termasuk secara daring (online) untuk meningkatkan kompetensi, dalam 2 semester terakhir Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti MGMP atau sejenisnya dalam 2 semester terakhir
Bukti keaktifan guru mengikuti kegiatan pengembangan diri secara online
Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti MGMP atau sejenisnya
B.3 Apakah guru aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/ workshop dalam rangka peningkatan kompetensi? Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan Hitung prosentase guru yang mengikuti kegiatan pelatihan/workshop untuk peningkatan kompetensi, dalam 2 semester terakhir Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti kegiatan pelatihan/workshop
Bukti keikut sertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat
Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti kegiatan pelatihan/ workshop
B.4 Apakah Ka-TU (MTs dan MA)/ tenaga administrasi (MI) aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/ workshop dalam rangka peningkatan kompetensi dan ketrampilan? Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan Hitung jumlah kegiatan pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi dan keterampilan yang diikuti Ka-TU/Tenaga Administrasi, 1 tahun terakhir Scan sertifikat keikut sertaan pelatihan/workshop yang diikuti Ka-TU/tenaga administrasi
Bukti keikutsertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat
B.5 Apakah laboran (MTs/MA) aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/ workshop dalam rangka peningkatan kompetensi? Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan Hitung jumlah kegiatan pelatihan/workshop untuk peningkatan kompetensi dan keterampilan pengelolaan laboratorium yang diikuti laboran, 1 tahun terakhir Scan sertifikat keikut sertaan pelatihan/workshop yang diikuti laboran
Bukti keikutsertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat
B.6 Apakah Ka-Pus (MTs dan MA)/tenaga perpustakaan (MI) aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/ workshop dalam rangka peningkatan kompetensi? Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan Hitung jumlah kegiatan pelatihan/workshop untuk peningkatan kompetensi dan keterampilan pengelolaan perpustakaan yang diikuti kepala/tenaga perpustakaan, 1 tahun terakhir Scan sertifikat keikut sertaan pelatihan/ workshop yang diikuti kapus/tenaga perpustakaan
Bukti keikutsertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat
PROSES PEMBELAJARAN C.1 Apakah   semua guru mengembangkan RPP untuk mapel yang diampunya? RPP   dari setiap guru Hitung   prosentase guru yang telah menyusun RPP matapelajaran yang diampunya sesuai   ketentuan (1)   Daftar guru yang menyusun RPP ; (2) contoh 1 RPP karya asli guru
Hasil wawancara
Daftar guru yang menyusun RPP
C.2 Apakah   semua guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa   dan mata pelajaran? Hasil   wawancara dan penilaian Kamad Hitung   prosentase guru yang telah menggunakan   metode pembelajaran melalui ceramah, demonstrasi, diskusi, belajar mandiri,   simulasi, curah pendapat, studi kasus, seminar, tutorial, deduktif, dan   induktif Daftar   guru yang menggunakan metode    pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mapel
Hasil wawancara dengan guru
Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan   metode pembelajaran yg sesuai
C.3 Apakah   semua guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter siswa dan   mapel? Hasil   wawancara dan penilaian Kamad Hitung   prosentase guru yang menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter   siswa Daftar   guru yang menggunakan media    pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mapel
Hasil wawancara dengan guru
Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan media   pembelajaran yg sesuai
C.4 Apakah   semua Guru menggunakan penilaian otentik dalam penilaian proses   pembelajaran? Bukti   pelaksanaan penilaian yang dilakukan setiap guru Hitung   prosentase guru yang melakukan penilaian otentik, yaitu menilai kesiapan   siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh Daftar   guru yang menggunakan penilaIan otentik dalam proses pembelajaran
Hasil wawancara dengan guru
Daftar guru yang menggunakan penilian otentik   dalam proses pembelajaran
C.5 Apakah   semua guru melakukan evaluasi dan penilaian setiap siswa? Daftar   nilai ulangan harian Hitung   prosentase guru yang melaksanakan penilaian hasil belajar dalam 3 bentuk: (1)   ulangan, (2) pengamatan, dan (3) penugasan kepada seluruh siswa Rekapitulasi   daftar guru yang melakukan penilaian dalam bentuk ulangan, pengamatan dan   penugasan
Daftar nilai ulangan mingguan dan semesteran
Daftar catatan guru atas penilaian individu   siswa
Daftar guru yang melakukan penilaian dalam   bentuk ulangan, pengamatan dan penugasan ke siswa
C.6 Apakah   semua guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perencanaan program remedial,   pengayaan dan perbaikan proses pembelajaran? Dokumen   perencanaan program remedial, pengayaan, pelayanan konseling dan perbaikan   proses pembelajar dari setiap guru Hitung   prosentase guru yang memanfaatkan hasil penilaian untuk merencanakan program   remedial, pengayaan, dan pelayanan konseling Daftar   guru yang membuat perencanaan program remedial, pengayaan dan konseling
Hasil wawancara terhadap guru
C.7 Apakah   Madrasah menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayakan secara   rutin? Jadwal   kegiatan remedial dan/atau pengayakan Hitung   prosentase siswa yang mengikuti remedial dan/atau pengayaan yang   diselenggarakan madrasah secara rutin sesuai jadwal Jadwal   remedial/pengayaan dan contoh daftar peserta (daftar siswa yang mengikuti   remedial)
Daftar peserta remedial dan kehadirannya
Daftar peserta pengayakan dan kehadirannya
SARANA DAN PRASARANA D.1 Apakah buku teks dan bacaan, baik tercetak maupun digital, tersedia lengkap di madrasah? Daftar buku teks dalam bentuk cetakan dan digital di perpustakaan Hitung prosentase buku teks dan bacaan mata pelajaran dalam bentuk cetakan dan digital yang tersedia di perpus madrasah Daftar buku teks dan cetakan
Daftar buku bacaan dalam bentuk cetakan dan digital di perpustakaan
D.2 Apakah alat bantu proses pembelajaran tersedia untuk semua guru? Hasil wawancara dengan guru Hitung prosentase guru yang menggunakan alat bantu proses pembelajaran yang sesuai Daftar guru yang menggunakan alat bantu proses pembelajaran yang sesuai
Daftar alat bantu yang tersedia di madrasah
D.3 Apakah alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) tersedia di madrasah? Hasil wawancara dengan guru Telaah jenis, jumlah dan kondisi alat peraga (untuk MI) dan alat praktikum (untuk MTs dan MA), bandingkan dengan persyaratan kelayakan laboratorium dalam peraturan SNP yang terkait Daftar alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktik di laboratorium (MTs dan MA) yang tersedia di madrasah
Daftar alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) yang tersedia di madrasah
D.4 Apakah semua guru menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dalam proses pembelajaran? Daftar buku teks/digital yang digunakan guru Hitung prosentase guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran
Wawancara kepada semua guru
Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran
D.5 Apakah semua siswa menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dlm proses pembelajaran? Daftar buku teks yang dimiliki siswa Hitung prosentase siswa yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran -
Hasil wawancara guru
Hasil wawancara siswa
PEMBIAYAAN E.1 Apakah   madrasah telah menyusun rencana kerja dan anggaran madrasah dalam   e-RKAM? RKAM telaah   daftar penyusun RKAM, daftar hadir rapat penyusunan, dan lembar pengesahan   RKAM -
Daftar hadir pertemuan dalam rangka penyusunan   RKAM
Wawancara dengan guru
Wawancara dengan komite madrasah
E.2 Apakah   Madrasah menyediakan dana transport yang cukup bagi guru dan tendik yang   mengikuti pelatihan? Laporan   penggunaan dana madrasah Hitung   prosentase guru dan tendik yang mendapat dana transportasi yang cukup untuk   mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan mutu Daftar   guru dan tendik yang memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan
Wawancara dengan guru dan tendik
Rekapitulasi daftar guru dan tendik yang   memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan
E.3 Apakah   Madrasah menyediakan dana untuk pembelian bahan pendukung habis pakai yang   cukup bagi guru dan tendik yang mengikuti pelatihan? Laporan   penggunaan dana madrasah Hitung   jumlah guru dan tendik yang mendapat dana pembelian bahan pendukung habis   pakai yang cukup untuk/selama mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan   mutu Daftar   guru dan tendik yang memperoleh bantuan dana untuk pembelian bahan pendukung
Wawancara dengan guru dan tendik
Rekapitulasi daftar guru dan tendik yang   memperoleh bantuan dana untuk pembelian bahan pendukung
E.4 Apakah   Madrasah telah membuat laporan keuangan dan dilaporkan kepada orang tua siswa   dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota? Laporan   keuangan telaah   bukti penyerahan dan sosialisasi laporan keuangan Bukti penyerahan laporan keuangan kepada   Kankemenag dan Komite Madrasah
Bukti penyerahan laporan keuangan kepada Kantor   Kemenag Kabupaten/Kota dan kepada Komite madrasah

Keempat, setelah data dan bukti fisik terkumpul, TPM harus berdiskusi untuk menentukan tingkat capaian setiap indikator. Tingkat capaian indikator dipilih sesuai kriteria yang tercantum dalam Instrumen EDM. Pada tahap ini sangat dibutuhkan kejujuran dan itikad baik dari seluruh komponen madrasah. Bersedia jujur mengakui dan menerima keadaan senyatanya tentang madrasah tempat kita bertugas, adalah langkah awal yang paling penting dalam proses reformasi madrasah menjadi lebih baik.

Selamat bekerja, bapak ibu TIM dan TPM.

Salam Madrasah Reform !  Reformasi madrasah hebat bermartabat menuju madrasah kelas dunia.

Pertanyaan-pertanyaan silakan diposting di kolom komentar, dengan menyebutkan nama madrasah tempat bertugas


*Guru MAN 3 Bantul, TIK (Tim Inti Kabupaten) Implementasi EDM/e-RKAM untuk Kab. Bantul


Komentar

  1. Luar biasa. Salah satu panutan saya ini. Kelihatan sekali dedikasinya. Semoga tansah sehat dan bahagia yaa Bu?

    BalasHapus
  2. waah... trimakasih, pak Fadlil... aamiin... semoga kita semua warga madrasah DIY selalu sehat dan bahagia

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Referensi Alur ERKAM

Madrasah Baru wajibkah pakai ERKAM?