PASCA BIMTEK, WHAT NEXT? (1)
Pasca Bimtek, What Next? (1)
Oleh : Evi Effrisanti*
Setelah TIM selesai mengikuti bimtek EDM/e-RKAM, apa yang harus segera dilakukan?
Pertama, segera bentuk TPM, dengan struktur organisasi terdiri atas Penanggungjawab (Kepala), Ketua (salah satu Wakil Kepala), Sekretaris, Koordinator untuk masing-masing aspek EDM, dan anggota-anggota. Sesuai dengan prinsip transparansi dan partisipatif dalam pengelolaan madrasah yang berbasis kinerja, jangan lupa libatkan unsur siswa dan masyarakat dalam keanggotaan TPM.
Kedua, berikan sosialisasi dan bimtek tentang EDM/e-RKAM pada TPM. Siapa yang mem-bimtek? Yang membimtek adalah ketiga anggota Tim Inti Madrasah (TIM) yang telah selesai mengikuti bimtek TIM. Dapat pula melibatkan TIK/TIP/TIN, sesuai kebijakan dan kemampuan madrasah. Apa yang disosialisasikan? Minimal sosialisasikan tentang Konsep EDM ; Keterkaitan antara SNP - EDM - RKAM ; dan aplikasi EDM/e-RKAM.
Ketiga, setelah TPM selesai mengikuti sosialisasi dan telah memahami konsep EDM, hendaknya TPM segera bergerak untuk mengumpulkan data dan bukti-bukti fisik sesuai tuntutan/permintaan instrumen EDM. Tabel di bawah ini menunjukkan aksi-aksi yang harus dilakukan TPM, data-data apa saja yang dirujuk ketika menilai tingkat capaian dan bukti fisik apa yang harus dipersiapkan untuk diupload dalam aplikasi.
Tabel Daftar Aksi TPM sesuai Instrumen EDM
ASPEK | INDIKATOR PENCAPAIAN | DATA DAN BUKTI FISIK | AKSI | FILE UNTUK DIUPLOAD | |
---|---|---|---|---|---|
KEDISIPLINAN | A.1 | Apakah semua guru hadir di madrasah sesuai kalender pendidikan berdasarkan kurikulum nasional? | Daftar absensi kehadiran guru | (1) Hitung prosentase kehadiran guru di madrasah sesuai kalender pendidikan ; (2) telaah surat izin guru | Rekap presensi guru 2 semester terakhir |
Surat keterangan penyebab guru tidak hadir | |||||
Bukti dari madrasah bahwa terdapat pengganti guru yang berhalangan hadir sehingga proses pembelajaran tidak terganggu | |||||
A.2 | Apakah semua guru mengajar di kelas sesuai jadwal mata pelajaran yang ditetapkan? | Daftar absensi kelas yang ditandatangani oleh guru dan perwakilan siswa. Daftar ini dilengkapi dengan penjelasan pokok materi yang diberikan. Daftar guru diambil dari data EMIS sedangkan persentase guru mengajar dientri oleh TIM | (1) Hitung prosentase guru mengajar di kelas sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan oleh madrasah ; (2) telaah surat izin guru ; (3) telaah kualitas PBM di kelas yang ditinggalkan guru izin | Rekap kehadiran guru di kelas dalam 2 semester terakhir | |
Rekapitulasi daftar kehadiran guru di kelas | |||||
A.3 | Apakah kepala madrasah melakukan supervisi secara rutin proses pembelajaran terhadap seluruh guru? | Buku hasil supervisi Kamad terhadap guru, resume/notulen rapat penyampaian hasil supervisI dan hasil tindak lanjut | Hitung prosentase guru di mana Kamad pernah melaksanakan supervisi dan menindaklanjuti hasil supervisi kepada guru tsb | (1) scan hasil supervisi kamad pada beberapa guru ; (2) scan resume/ notulen hasil rapat konsultasi/ pembinaan tindak lanjut hasil supervisi | |
Wawancara TIM dengan para guru | |||||
A.4 | Apakah semua siswa hadir di madrasah mengikuti pelajaran sesuai jadwal yang ditetapkan? | Buku absensi/kehadiran siswa | (1) Hitung prosentase siswa hadir di madrasah sesuai kalender pendidikan ; (2) telaah surat izin siswa | Rekapitulasi daftar presensi siswa 2 semester terakhir | |
Jurnal harian guru piket | |||||
Surat keterangan ijin siswa yang tidak hadir ke madrasah atau di kelas | |||||
Rekapitulasi daftar absensi siswa | |||||
A.5 | Apakah siswa aktif membaca/meminjam buku yang tersedia dalam perpustakaan? | Buku kunjungan perpustakaan | Hitung prosentase siswa membaca/ meminjam buku yang tersedia di perpustakaan | Rekapitulasi daftar siswa yang membaca/ meminjam buku di perpus takaan 2 semester terakhir | |
Buku peminjaman buku perpustakaan | |||||
Rekapitulasi daftar siswa yang membaca/meminjam buku di perpustakaan | |||||
A.6 | Apakah Madrasah melaksanakan penilaian kinerja pendidik dan tendik? | Daftar penugasan guru dan tendik dan latar belakang pendidikannya | lakukan telaah terhadap proses dan hasil PKG untuk menentukan tingkat capaian pada indikator ini | Daftar penugasan guru | |
Daftar beban kerja guru dan tendik | |||||
Daftar keaktifan guru | |||||
Daftar pencapaian prestasi guru | |||||
A.7 | Apakah Madrasah rutin melakukan pertemuan guru dan tendik untuk melakukan evaluasi diri terhadap kinerja madrasah dalam rangka pemenuhan 8 SNP? | Daftar hadir rapat guru dan tendik | Hitung jumlah pertemuan rutin guru dan tendik per semester dalam 2 semester terakhir | Scan Resume/notulen hasil pertemuan/ rapat (beberapa rapat, tidak perlu semua) | |
Resume/notulen hasil pertemuan rapat dengan guru dan tendik | |||||
PENGEMBANGAN DIRI | B.1 | Apakah Kamad aktif mengikuti pelatihan atau kegiatan pengembangan diri dalam rangka meningkatkan kapasitas Kamad? | Daftar undangan pelatihan/workshop/pertemuan | Hitung jumlah pelatihan/ workshop/ pertemuan dalam rangka peningkatan kompetensi Kamad yang diikuti dalam 2 semester terakhir | Scan beberapa sertifikat workshop/pelatihan yang diikuti kamad |
Sertifikat keikutsertaan | |||||
B.2 | Apakah semua guru aktif mengikuti KKG/MGMP? | Daftar absensi kehadiran guru di KKG/MGMP | Hitung prosentase guru yang secara aktif mengikuti kegiatan KKG/MGMP/sejenisnya termasuk secara daring (online) untuk meningkatkan kompetensi, dalam 2 semester terakhir | Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti MGMP atau sejenisnya dalam 2 semester terakhir | |
Bukti keaktifan guru mengikuti kegiatan pengembangan diri secara online | |||||
Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti MGMP atau sejenisnya | |||||
B.3 | Apakah guru aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/ workshop dalam rangka peningkatan kompetensi? | Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan | Hitung prosentase guru yang mengikuti kegiatan pelatihan/workshop untuk peningkatan kompetensi, dalam 2 semester terakhir | Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti kegiatan pelatihan/workshop | |
Bukti keikut sertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat | |||||
Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti kegiatan pelatihan/ workshop | |||||
B.4 | Apakah Ka-TU (MTs dan MA)/ tenaga administrasi (MI) aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/ workshop dalam rangka peningkatan kompetensi dan ketrampilan? | Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan | Hitung jumlah kegiatan pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi dan keterampilan yang diikuti Ka-TU/Tenaga Administrasi, 1 tahun terakhir | Scan sertifikat keikut sertaan pelatihan/workshop yang diikuti Ka-TU/tenaga administrasi | |
Bukti keikutsertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat | |||||
B.5 | Apakah laboran (MTs/MA) aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/ workshop dalam rangka peningkatan kompetensi? | Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan | Hitung jumlah kegiatan pelatihan/workshop untuk peningkatan kompetensi dan keterampilan pengelolaan laboratorium yang diikuti laboran, 1 tahun terakhir | Scan sertifikat keikut sertaan pelatihan/workshop yang diikuti laboran | |
Bukti keikutsertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat | |||||
B.6 | Apakah Ka-Pus (MTs dan MA)/tenaga perpustakaan (MI) aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/ workshop dalam rangka peningkatan kompetensi? | Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan | Hitung jumlah kegiatan pelatihan/workshop untuk peningkatan kompetensi dan keterampilan pengelolaan perpustakaan yang diikuti kepala/tenaga perpustakaan, 1 tahun terakhir | Scan sertifikat keikut sertaan pelatihan/ workshop yang diikuti kapus/tenaga perpustakaan | |
Bukti keikutsertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat | |||||
PROSES PEMBELAJARAN | C.1 | Apakah semua guru mengembangkan RPP untuk mapel yang diampunya? | RPP dari setiap guru | Hitung prosentase guru yang telah menyusun RPP matapelajaran yang diampunya sesuai ketentuan | (1) Daftar guru yang menyusun RPP ; (2) contoh 1 RPP karya asli guru |
Hasil wawancara | |||||
Daftar guru yang menyusun RPP | |||||
C.2 | Apakah semua guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran? | Hasil wawancara dan penilaian Kamad | Hitung prosentase guru yang telah menggunakan metode pembelajaran melalui ceramah, demonstrasi, diskusi, belajar mandiri, simulasi, curah pendapat, studi kasus, seminar, tutorial, deduktif, dan induktif | Daftar guru yang menggunakan metode pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mapel | |
Hasil wawancara dengan guru | |||||
Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan metode pembelajaran yg sesuai | |||||
C.3 | Apakah semua guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter siswa dan mapel? | Hasil wawancara dan penilaian Kamad | Hitung prosentase guru yang menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter siswa | Daftar guru yang menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mapel | |
Hasil wawancara dengan guru | |||||
Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan media pembelajaran yg sesuai | |||||
C.4 | Apakah semua Guru menggunakan penilaian otentik dalam penilaian proses pembelajaran? | Bukti pelaksanaan penilaian yang dilakukan setiap guru | Hitung prosentase guru yang melakukan penilaian otentik, yaitu menilai kesiapan siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh | Daftar guru yang menggunakan penilaIan otentik dalam proses pembelajaran | |
Hasil wawancara dengan guru | |||||
Daftar guru yang menggunakan penilian otentik dalam proses pembelajaran | |||||
C.5 | Apakah semua guru melakukan evaluasi dan penilaian setiap siswa? | Daftar nilai ulangan harian | Hitung prosentase guru yang melaksanakan penilaian hasil belajar dalam 3 bentuk: (1) ulangan, (2) pengamatan, dan (3) penugasan kepada seluruh siswa | Rekapitulasi daftar guru yang melakukan penilaian dalam bentuk ulangan, pengamatan dan penugasan | |
Daftar nilai ulangan mingguan dan semesteran | |||||
Daftar catatan guru atas penilaian individu siswa | |||||
Daftar guru yang melakukan penilaian dalam bentuk ulangan, pengamatan dan penugasan ke siswa | |||||
C.6 | Apakah semua guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perencanaan program remedial, pengayaan dan perbaikan proses pembelajaran? | Dokumen perencanaan program remedial, pengayaan, pelayanan konseling dan perbaikan proses pembelajar dari setiap guru | Hitung prosentase guru yang memanfaatkan hasil penilaian untuk merencanakan program remedial, pengayaan, dan pelayanan konseling | Daftar guru yang membuat perencanaan program remedial, pengayaan dan konseling | |
Hasil wawancara terhadap guru | |||||
C.7 | Apakah Madrasah menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayakan secara rutin? | Jadwal kegiatan remedial dan/atau pengayakan | Hitung prosentase siswa yang mengikuti remedial dan/atau pengayaan yang diselenggarakan madrasah secara rutin sesuai jadwal | Jadwal remedial/pengayaan dan contoh daftar peserta (daftar siswa yang mengikuti remedial) | |
Daftar peserta remedial dan kehadirannya | |||||
Daftar peserta pengayakan dan kehadirannya | |||||
SARANA DAN PRASARANA | D.1 | Apakah buku teks dan bacaan, baik tercetak maupun digital, tersedia lengkap di madrasah? | Daftar buku teks dalam bentuk cetakan dan digital di perpustakaan | Hitung prosentase buku teks dan bacaan mata pelajaran dalam bentuk cetakan dan digital yang tersedia di perpus madrasah | Daftar buku teks dan cetakan |
Daftar buku bacaan dalam bentuk cetakan dan digital di perpustakaan | |||||
D.2 | Apakah alat bantu proses pembelajaran tersedia untuk semua guru? | Hasil wawancara dengan guru | Hitung prosentase guru yang menggunakan alat bantu proses pembelajaran yang sesuai | Daftar guru yang menggunakan alat bantu proses pembelajaran yang sesuai | |
Daftar alat bantu yang tersedia di madrasah | |||||
D.3 | Apakah alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) tersedia di madrasah? | Hasil wawancara dengan guru | Telaah jenis, jumlah dan kondisi alat peraga (untuk MI) dan alat praktikum (untuk MTs dan MA), bandingkan dengan persyaratan kelayakan laboratorium dalam peraturan SNP yang terkait | Daftar alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktik di laboratorium (MTs dan MA) yang tersedia di madrasah | |
Daftar alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) yang tersedia di madrasah | |||||
D.4 | Apakah semua guru menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dalam proses pembelajaran? | Daftar buku teks/digital yang digunakan guru | Hitung prosentase guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran | Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran | |
Wawancara kepada semua guru | |||||
Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran | |||||
D.5 | Apakah semua siswa menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dlm proses pembelajaran? | Daftar buku teks yang dimiliki siswa | Hitung prosentase siswa yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran | - | |
Hasil wawancara guru | |||||
Hasil wawancara siswa | |||||
PEMBIAYAAN | E.1 | Apakah madrasah telah menyusun rencana kerja dan anggaran madrasah dalam e-RKAM? | RKAM | telaah daftar penyusun RKAM, daftar hadir rapat penyusunan, dan lembar pengesahan RKAM | - |
Daftar hadir pertemuan dalam rangka penyusunan RKAM | |||||
Wawancara dengan guru | |||||
Wawancara dengan komite madrasah | |||||
E.2 | Apakah Madrasah menyediakan dana transport yang cukup bagi guru dan tendik yang mengikuti pelatihan? | Laporan penggunaan dana madrasah | Hitung prosentase guru dan tendik yang mendapat dana transportasi yang cukup untuk mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan mutu | Daftar guru dan tendik yang memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan | |
Wawancara dengan guru dan tendik | |||||
Rekapitulasi daftar guru dan tendik yang memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan | |||||
E.3 | Apakah Madrasah menyediakan dana untuk pembelian bahan pendukung habis pakai yang cukup bagi guru dan tendik yang mengikuti pelatihan? | Laporan penggunaan dana madrasah | Hitung jumlah guru dan tendik yang mendapat dana pembelian bahan pendukung habis pakai yang cukup untuk/selama mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan mutu | Daftar guru dan tendik yang memperoleh bantuan dana untuk pembelian bahan pendukung | |
Wawancara dengan guru dan tendik | |||||
Rekapitulasi daftar guru dan tendik yang memperoleh bantuan dana untuk pembelian bahan pendukung | |||||
E.4 | Apakah Madrasah telah membuat laporan keuangan dan dilaporkan kepada orang tua siswa dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota? | Laporan keuangan | telaah bukti penyerahan dan sosialisasi laporan keuangan | Bukti penyerahan laporan keuangan kepada Kankemenag dan Komite Madrasah | |
Bukti penyerahan laporan keuangan kepada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan kepada Komite madrasah |
Keempat, setelah data dan bukti fisik terkumpul, TPM harus berdiskusi untuk menentukan tingkat capaian setiap indikator. Tingkat capaian indikator dipilih sesuai kriteria yang tercantum dalam Instrumen EDM. Pada tahap ini sangat dibutuhkan kejujuran dan itikad baik dari seluruh komponen madrasah. Bersedia jujur mengakui dan menerima keadaan senyatanya tentang madrasah tempat kita bertugas, adalah langkah awal yang paling penting dalam proses reformasi madrasah menjadi lebih baik.
Selamat bekerja, bapak ibu TIM dan TPM.
Salam Madrasah Reform ! Reformasi madrasah hebat bermartabat menuju madrasah kelas dunia.
Pertanyaan-pertanyaan silakan diposting di kolom komentar, dengan menyebutkan nama madrasah tempat bertugas
*Guru MAN 3 Bantul, TIK (Tim Inti Kabupaten) Implementasi EDM/e-RKAM untuk Kab. Bantul
Luar biasa. Salah satu panutan saya ini. Kelihatan sekali dedikasinya. Semoga tansah sehat dan bahagia yaa Bu?
BalasHapuswaah... trimakasih, pak Fadlil... aamiin... semoga kita semua warga madrasah DIY selalu sehat dan bahagia
BalasHapus